Thursday, August 1, 2013

Adjustable Fuel Regulator Adjustable ( FPR )

Numpang Sharing lagi ommm...


How it Works ? - The Series - 
By IM-Group Technical Division
for : Garry Hexa , Rudie Shiro , Vincent Egomotor

Adjustable Fuel Pressure Regulator




1. Fungsi Utama dan Kebutuhan
   
   - Pada dasarnya Fuel Pressure Regulator / FPR berfungsi untuk mengatur tekanan bensin yang datang dari pompa bensin menuju injector.

   - Ideal pressure untuk bensin di dalam nozzle injector biasanya adalah 43.5Psi atau 3.0 Bar, namun dalam beberapa kasus, FPR standar sudah tidak dapat berfungsi untuk menjaga tekanan pada angka tersebut, atau pada kasus lain jika mobil sudah mengalami modifikasi, maka akan membutuhkan tekanan lebih tinggi supaya bahan bakar dapat dikabutkan sempurna melalui injector. Disinilah peran utama dari Adjustable FPR, yaitu untuk menjaga tekanan tetap stabil, atau untuk mengatur tekanan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin.

   - Pada dasarnya, tiap mobil sudah dilengkapi dengan FPR bawaan pabrik, dan mobil generasi terbaru malah sudah dilengkapi dengan pressure sensor dari ECU, sehingga tidak lagi menggunakan alat ini. Namun pada mobil mobil injeksi Era tahun 90'an, peran FPR sangat signifikan terhadap kerja mesin secara keseluruhan.

   - Pada saat tekanan bensin yang menuju dan di dalam nozzle injector tidak memenuhi standar ideal, maka bahan bakar tidak akan dapat dikabutkan secara sempurna oleh injector, dalam kasus ringan gejalanya adalah mobil ajrut2an, langsam tidak sempurna, atau bahkan tidak dapat menyala sama sekali.

   - Keunggulan dari Adjustable External FPR adalah sifatnya yang universal, sehingga dapat tetap digunakan jika terjadi Swap Engine ataupun ganti mobil.

2. Komponen



  - Body : Terbuat dari alumunium, sehingga tidak mudah terkena korosi, namun kuat terhadap benturan / getaran.

   - Inlet / Outlet : Berfungsi sebagai saluran, sehingga kelebihan bahan bakar yang tidak diperlukan untuk menjaga tekanan, akan dialirkan kembali ke tangki bensin.

   - Valve : Katup untuk menjaga tekanan

   - Pressure Gauge : alat sebagai pengukur untuk penunjuk tekanan di FPR





3. Cara installasi dan Setting
   
   - Adjustable FPR di pasang di ruang mesin, pada posisi selang balik, yaitu selang yang mengalirkan bahan bakar dari fuel rail kembali ke Tangki bahan bakar.

   - untuk lebih jelasnya silahkan lihat diagram dibawah ini. (gbr.2)





How it Works ? - The Series - 
By IM-Group Technical Division
for : Garry Hexa , Rudie Shiro , Vincent Egomotor

2 comments: