Wednesday, July 24, 2013

Exhaust Wraps

How it Works ? - The Series - 
By IM-Group Technical Division
for : Garry Hexa , Rudie Shiro , Vincent Egomotor

Exhaust Wrap? apaan sih gunanya ?



1. Trouble with heat

- Pada mobil mobil yang telah mengganti header, atau mobil generasi sebelum tahun 2000'an, biasanya exhaust pipe tidak dilengkapi dengan cover, namun pada mobil mobil eropa dan mobil generasi terbaru, kebanyakan exhaust pipe telah diberi cover , what's the story behind that cover ? mengapa begitu penting ?

- Seringkali kita meremehkan panas yang keluar dari combustion chamber ( ruang pembakaran ) melalui saluran buang, padahal, panas tersebut SANGAT KRUSIAL Terhadap performa mesin.

- Udara panas yang dikeluarkan melalui exhaust pipe (header) biasanya akan menjadi dingin seiring dengan tersalurkannya udara tersebut, dimana panas nya akan menguap. padahal, kita membutuhkan panas tersebut supaya tetap berada di dalam exhaust pipe, why ? karena udara yang panas memiliki velocity yang lebih tinggi.

" muffler atau exhaust yang terbaik adalah bukan yang paling besar, namun yang memiliki kemampuan menghasilkan velocity atau tekanan yang paling tinggi " Danny - ISR Racing Equipments

Sehingga jika udara yang mengalir dalam exhaust pipe dapat kita jaga tetap dalam suhu tinggi, tentunya exhaust system anda akan bekerja jauh lebih maksimal dalam menghasilkan performa.

- Uap panas dari udara yang mengalir tersebut akan menuju ke ruang mesin ( karena disitulah letak header ), Sementara suhu udara yang tersalur sekitar 200 Celcius, sehingga akan menaikan suhu rata rata di ruang mesin sebesar 20-30 derajat celcius. Dengan naiknya suhu pada ruang mesin ini, akan terjadi power loss, sehingga mesin dan komponennya harus bekerja ekstra keras untuk menghasilkan performa yang maksimal

2. Asumsi
- Dengan 2 kasus diatas, maka absennya pembungkus / cover header, dapat di asumsikan akan mengurangi efisiensi performa mesin sekitar 10% dari kemampuan yang seharusnya

3. Aplikasi dan cara memilih Wrap yang baik
- Sangat mudah untuk meng aplikasikan exhaust wrap, karena sekarang telah banyak tersedia di pasaran, dengan harga yang tidak terlalu mahal. mengingat waktu pemakaiannya dapat dipakai untuk waktu yang relatif lama ( biasanya 12 - 18 bulan )

- Peng applikasian nya hanya dengan cara membungkus / melilitkan pada header / exhaust pipe secara menyeluruh.

- Pilihlah exhaust wrap dari bahan yang tidak mengandung asbestos, karena asbestos biasa nya menyerap air, sehingga wrap tersebut mudah hancur, dan lebih buruknya lagi justru mengakibatkan korosi pada exhaust pipe anda, contoh2 yang non asbestos misalnya Thermotec, atau merk DEI

4. Damage Cost
Berikut adalah perkiraan biaya pemasangan exhaust Wrap
a. 1 Roll Exhaust Wrap Rp 400.000-600.000 ( tergantung merk / kualitas)
b. Biaya pemasangan oleh tukang knalpot 100.000 - 150.000

Jadi hanya dengan biaya maksimal Rp 750.000 anda dapat menikmati efek efek yang pada jangka panjang akan lebih valuable untuk anda.

Sekian How it Works ? - The Series - 



1 comment:


  1. Suntuk !!!
    Gak tau mau ngapain?
    yuk klik link kami nih
    asian17.com
    di jamin mantap

    ReplyDelete