Thursday, July 25, 2013

Kabel Busi Hi Performance

How it Works ? - The Series - 
By IM-Group Technical Division
for : Garry Hexa , Rudie Shiro , Vincent Egomotor

Hi - Performance Spark Wire
Kabel Busi Performa Tinggi
Disponsori oleh : Blue Thunder

1. Ganti kabel busi? apakah perlu

   - Sebagian orang sering meremehkan keberadaan kabel busi, dan menganggap bahwa kabel busi hanyalah sekedar sarana untuk mengalirkan arus listrik yang akan membuat busi berfungsi, namun tahukah anda bahwa sebenarnya peran kabel busi tidak seremeh yang dikira, bahkan banyak hal yang sebenarnya sangat tergantung dengan kabel busi ini.

   - Lokasi kabel busi adalah di ruang mesin, dan berada di posisi dengan dengan kepala silinder, maka penggunaan kabel busi yang berkualitas buruk tentunya akan berdampak negatif, bahkan bisa berakibat fatal bagi anda maupun mobil anda.
  
   - Dampak negatif tersebut antara lain adalah

     a. Ruang mesin dan kepala silinder, biasanya bersuhu panas ( diatas 100 celcius ), maka jika bahan coating kabel busi anda tidak baik, dapat menyebabkan coatingnya rusak / retak, sehingga arus listrik akan bocor, hal ini dapat berdampak sangat fatal jika terjadi short / konslet.


     b. Kabel busi dengan kualitas kurang baik, cenderung untuk memiliki sifat resistansi terhadap arus, sehingga performa pengapian mobil akan menurun, hal ini dapat menyebabkan turun nya performa mesin secara keseluruhan. dikarenakan oleh bensin yang tidak terbakar sempurna ( maka akan terjadi pemborosan bahan bakar ) dan kerak dalam mesin. 

     c. Resistansi yang terdapat dalam kabel busi berkualitas rendah / berumur sudah tua, akan menyebabkan kabel itu sendiri menjadi panas, dan cenderung berusia lebih pendek, maka anda akan lebih sering mengganti kabel busi anda karena kerusakan.

2. Apa saja yang perlu di perhatikan 

   - Sebagai sebuah sistem, kabel busi adalah salah satu bagian dari sistem/rangkaian pengapian mobil, maka sebaiknya jika anda ingin merasakan performa terbaik dari kabel busi anda, pastikan anda memiliki busi dan koil yang masih berfungsi dengan baik.

   - Faktor Kualitas dan Harga, akan selalu menjadi pertimbangan bagi para pengguna dalam menentukan pilihan, maka sebaiknya jangan memilih produk yang termurah, atau hanya sekedar memilih berdasarkan merk tertentu, namun lebih baik pelajari spesifikasinya, kualitasnya, lalu bandingkan dengan harganya, sehingga anda akan dapat memilih produk yang Best Value for Money.

   - Syarat syarat sebuah kabel busi yang baik
     a. Memiliki Inti core 1 atau lebih dengan ukuran / core minimal 1.8mm
     b. Core terbuat dari metal konduktor yang elastis namun kuat, misanya Copper ( Tembaga )
     c. Jacket / Kulit kabel terbuat dari bahan silikon atau bahan lain yang dapat menahan panas minimal 300 celcius
     d. Bagian Boot / Connector terbuat dari karet yang tebal dan tidak mudah pecah.

3. Kabel Busi yang cocok untuk mobil saya apa sih ?

   - Sebagian besar mobil yang masih menggunakan kabel busi menggunakan salah satu di antara 2 sistem pengapian, yaitu platina atau CDI, dimana kekuatan platina lebih rendah dari CDI maka sebaiknya digunakan kabel busi 1 core, sementara mobil dengan sistem CDI bebas menggunakan yang mana saja

   - Pada dasarnya semua jenis kabel busi dapat diaplikasikan di mobil yang sesuai, namun faktor utama dalam memilih adalah lebih pada value for money nya, maka jika penggunaan tidak terlalu ekstrim, anda dapat menggunakan kabel busi 1 core yang memiliki harga relatif terjangkau, sementara jika anda menginginkan performa lebih, anda dapat menggunakan kabel busi 4 core, atau untuk kebutuhan kompetisi anda dapat menggunakan kabel 4 core + ground dan 6 Core.

4. Kabel Busi Blue Thunder  - sponsored - 



   - Ferromagnetic Core 2mm : Bahan Core terbuat dari Metal yang berkarakter ferromagnetic sehingga dapat mengalirkan arus secara terarah dan tanpa hambatan. 

   - Spiral Wired Core : sehingga core dari kabel busi ini memiliki kekuatan sangat baik dan tahan lama, karena dililit dengan konduktor tambahan sebagai bahan penguat ( 50 lilitan / cm )

   - Stainless Steel Connectors : Seluruh konektor menggunakan bahan stainless steel sehingga lebih tahan terhadap korosi.

   - 3 Layer Coating Jacket : Bungkus atau pelindung core kabel terdiri dari 3 lapisan,dan dilengkapi dengan heat resistant wrap ( pada kabel 4 core atau spec di atasnya ) 

   - Pure Silicone Jacket : Pelindung terbuat dari silikon murni yang tahan panas, sehingga intervensi suhu yang akan menurunkan performa akan dapat dihilangkan, dan lebih dari itu, silikon akan mencegah kebocoran arus listrik karena sifatnya sebagai konduktor, serta tidak mudah retak / pecah. sehingga sangat bagus untuk keamanan.

   - Car Friendly Feature : 500ohm/ feet Resistance, sehingga aman untuk mobil, serta dilengkapi dengan R.F.I system untuk mencegah storing

5. Apa sih bedanya 1 core, 4 core dan 4 core + ground ?

   - 1 Core : kabel busi type ini memiliki satu rangkaian penghantar arus, pada kabel busi jenis ini masih memiliki tahanan (resistance) yang cukup tinggi, biasanya diaplikasikan untuk menggantikan kabel busi standar, walaupun performanya diatas kabel busi standar. Resistansi yang masih cukup tinggi dibuat dengan pertimbangan utama pada faktor keamanan dan user friendly, maka kabel ini sangat cocok untuk penggunaan sehari hari karena hampir trouble and maintenance free.

   - 4 Core : memiliki 4 rangkaian penghantar pada tiap kabel; kabel busi ini memiliki tingat ketahanan (resistance) 0.9 kohm permeter. Jenis kabel ini memiliki tingkat performa pengapian yang baik, karena memiliki lebih banyak rangkaian penghantar arus dan dimana dalam kabel 4 core, setiap core akan mendapat efek internal induction, yang turut berperan dalam memperbesar arus.

   - 4 Core + Ground : Kabel Busi Grounding, kabel busi ini dilengkapi dengan balutan grounding, yang bertujuan untuk memaksimalkan pengapian busi pada ruang bakar dengan memanfaatkan induksi arus yang terjadi pada kabel saat arus mengalir ke busi. Kabel busi ini memiliki kemampuan maksimal, disamping pengapiannya baik, juga tidak menganggu sistem audio mobil yang sering mengalami storing dengan menggunakan kabel busi high performance.

6. Aplikasi 
   Pengaplikasian kabel busi tentunya dapat dilakukan oleh hampir semua bengkel modifikasi maupun bengkel umum, namun pada kasus kabel busio 4 core + ground ada sedikit tambahan yang berbeda, sehingga kami akan memberikan gambar ilustrasinya 








Sekian dulu ya,...
How it Works ? - The Series - 
Full series please visit : http://img-management.blogspot.com/

2 comments:


  1. Suntuk !!!
    Gak tau mau ngapain?
    yuk klik link kami nih
    asian17.com
    di jamin mantap

    ReplyDelete